Select Page

 

Merujuk pada pemberitahuan Bea cukai pada pengguna jasa kepabeanan bahwa saat ini diterbitkan patch PEB versi baru yakni PEB versi 6.0.9 Khusus yang diperuntukkan untuk ekspor​​ barang yang terdiri dari beberapa pemilik barang. Pada Patch versi ini eksportir dapat memberitahukan detail barang berikut dengan nama pemilik asli barang tersebut.​​ 

Atas penerapan jangan lupa untuk turut menyertakan copy KTP pada saat penyerahan dokap pada kantor pelayan bea dan cukai setempat.

Manfaat Pada patch​​ 609 khusus​​ ini dipakai untuk ekspor dari beberapa pemilik barang yang berbeda dalam 1 PEB. Pemilik barangnya biasanya UMKM, seperti artshop-artshop atau pedagang sejenis yang menekspor barangnya​​ keluar negeri melalui jasa forwader atau EMKL yang tentunya memiliki perijinan atau bisa menfasilitasi kebutuhan periijinan atas eksportasi barang tersebut.

Atas masukan dari para stake holder dan Sesuai PER-07/BC/2020 tentang Pemberitahuan Kepabeanan di Bidang Ekspor, maka ada kewajiban pemberitahuan pemilik barang pada PEB, patch ini dianggap bisa memfasilitasi atau mengkomodir proses bisnis seperti itu. Bedanya apa dengan patch 609? bedanya kalau patch 609 pemberitahuan pemilik barang hanya ada pada header PEB, sedangkan patch 609 Khusus pemilik barang bisa diberitahukan pada detil barang.

So para UKM anda jadi lebih semangat lagi kan dalam melakukan ekspor ? tunggu apa lagi ? koordinasikan dan update pacth ini pada EMKL kalian agar kebutuhan kalian bisa​​ terfasilitasi​​ Link​​