Mengenal Makna IKIGAI Sesungguhnya

mengenal istilah ikigai

Ikigai adalah istilah Jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan. Kata itu secara harfiah meliputi iki, yang berarti kehidupan dan gai, yang berarti nilai. Ikigai kadang diekspresikan sebagai “alasan untuk bangun di pagi hari”

“IKIGAI dibangun dari empat pertanyaan, yaitu apa yang bisa anda lakukan (DO); apa yang anda sukai (LOVE); apa yang bisa memberikan benefit untuk anda (PAY/FEES) dan apa yang dibutuhkan oleh dunia (NEED). Dengan mengetahui dan melakukan keempat hal tersebut, maka anda akan melakukan yang anda sukai, dengan cara terbaik, berguna bagi banyak orang, dan anda mendapat imbalan. IKIGAI adalah cita-cita atau tujuan hidup kalian masing2. Jadi setiap hari lakukanlah segala sesuatu dengan upaya ekstra untuk mencapai IKIGAI anda masing-masing,”

Tidak hanya untuk kehidupan sehari-hari, namun konsep Ikigai ini dapat pula diterapkan dalam berbisnis. Melansir dari Inc.com, berikut ini penerapan konsep Ikigai dalam bisnis yang bisa menginsipirasi dalam membangun bisnis anda:

1. Passion

Menemukan dan menentukan apa yang menjadi passion Anda. Passion ini bisa merupakan sebuah aktivitas yang spesifik, dampak yang bisa Anda berikan pada dunia atau mungkin membantu pelanggan. Sebagai contoh, Apple memiliki passion untuk menciptakan teknologi, dan Google suka untuk mengumpulkan informasi. Kuncinya adalah meskipun mungkin ada banyak hal yang Anda sukai, hanya ada beberapa yang dapat memenuhi kriteria lain dalam konsep Ikigai.

2. Keahlian

Bisa jadi Anda memiliki banyak hal yang disukai atau menjadi passion. Namun tentu tidak semuanya bisa Anda lakukan dengan baik. Hanya ada beberapa dari hal yang Anda sukai tersebut dapat dilakukan secara maksimal. Jika pepatah pada umumnya mengatakan untuk melakukan hal yang kita sukai dan hal-hal lainnya akan mengikuti, hal tersebut tidak berlaku dalam metode Ikigai. Anda harus ahli dalam melakukan hal yang disukai tersebut untuk menciptakan hidup yang berarti dan bisnis yang seimbang.

3. Menciptakan apa yang dibutuhkan orang

Dalam mendirikan suatu bisnis, agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan seimbang Anda harus bisa menciptakan produk yang diinginkan dan dibutuhkan oleh orang-orang di dunia. Baca juga: Ini Bank-bank dengan Bunga Deposito Tertinggi di Awal Pekan Jika Anda hanya fokus untuk membuat sesuatu yang tidak dibutuhkan pasar, maka Anda hanya akan menghabiskan banyak waktu untuk membuat sesuatu yang tidak dihargai. Pastikan bahwa Anda memiliki pasar yang cukup besar untuk membangun suatu bisnis. Untungnya berkat kecanggihan teknologi, hal tersebut bukan lagi suatu masalah. Dengan adanya internet, Anda bahkan dapat menciptakan suatu pasar yang spesifik dan menjangkau pelanggan secara global.

4. Monetisasi

Anda sudah menemukan hal yang menjadi passion, sesuatu yang dikuasai dan dibutuhkan banyak orang. Namun, jika kita tidak dapat membuat hal tersebut menjadi sesuatu yang dapat dimonetisasi dan menghasilkan keuntungan, maka Anda tidak akan menjadi sesukses yang diinginkan. Dalam mendirikan sebuah bisnis, Anda tentu harus bisa memikirkan bagaimana bisnis yang dibangun bisa balik modal dan membawa keuntungan. Dengan begitu, baru bisnis Anda bisa dinyatakan berhasil dan seimbang.

Salah satu kunci untuk membuka kunci Ikigai dalam diri Anda adalah dengan tetap menjadi Anak yang penasaran terhadap banyak hal yang ada dalam diri maupun hal-hal di sekitar Anda. Jika kita melihat perbedaan orang dewasa dan anak kecil. Anak kecil sering kali bertanya dan tidak ragu akan hal-hal baru, rasa penasaran membuatnya belajar. Semangat inilah yang harus Anda pertahankan saat ini untuk menemukan Ikigai dalam diri Anda.

Sumber : Wikipedia, Kompas

intrafa.com

Read Previous

Fenomena Shortage Container

Read Next

Kilas Balik Comprehensive Economic Partnership (RCEP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *