Select Page

MAKNA SYMBOL DALAM KEMASAN

Sering kali kita menemui Symbol atau logo dalam tiap kemasan namun Perlu diketahui simbol bisa berbeda dalam gambarnya namun bisa mempunyai arti yang sama dari tiap tiap itemnya.​​ 

Dari​​ beberapa simbol ada pula yang memiliki makna universal seperti simbol Fragile, Keep Dry, Handle with care dan beberapa simbol hanya bersifat lokal/nasional seperti British Standard.

Simbol-simbol inipun akan berkembang terus menerus mengelami evolusi di masa depan kelak sesuai dengan kondisi industri di masa depan.

1.Fragile/Barang Pecah Belah

 

 

 

Fragile

Simbol ini digunakan untuk memberikan petunjuk bahwa barang yang terdapat di dalam kemasan termasuk barang yang rapuh, pecah belah dan maksud dari symbol ini adalah agar pembawa barang berhati-hati dalam membawa kemasan ini karena isi dari kemasan merupakan barang yang rapuh/pecah belah.

2.Keep Dry/ Simpan di tempat sejuk

 

 

 

Simbol ini memiliki makna agar barang di dalam kemasan/kemasan disimpan ditempat kering atau tempat yang sejuk.

3.Handle with care/ Tangani dengan hati-hati

 

 

Simbol ini memiliki makna agar barang di dalam kemasan dibawah dengan hati-hati sehingga barang tidak jatuh dan rusak. SImbol ini biasanya digunakan untuk barang pecah​​ belah seperti botol, dll.

4.Top.

 

 

 

Simbol ini memiliki makna untuk menentukan posisi atas dan bawah dari sebuah kemasan karton box/kardus sehingga sewaktu menumpuk karton box tidak menyebabkan barang ditaruh terbalik.

Do Not Step on It

5.Do Not Step on it/ Jangan Diinjak

 

 

 

Simbol ini memiliki makna agar kemasan tidak diinjak agar tidak merusak barang di dalam karton box/kardus tersebut.

Simbol Maksimum Stack 8

6. Maximum Stack/Tumpukan Maksimum

 

 

 

Maksimum Stack

Simbol ini memiliki makna agar karton box/kardus boleh ditumpuk maksimal. Dalam​​ contoh simbol diatas terdapat tulisan 8 yang berarti 8 tumpuk demi keamanan isi dari karton box tersebut.

 

 

7.First In First Out/FIFO/Terima lebih dulu jual lebih dulu

First In First Out-Terima lebih dahulu jual lebih dulu

First In First Out-Terima lebih dahulu jual lebih dulu

Simbol ini memiliki makna agar​​ barang yang pertama diterima/masuk di jual terlebih dahulu , hal ini biasanya karena barang di dalam kemasan karton box/kardus berisi barang yang memiliki masa kadaluarsa/expired date.

8.Recycle/ Daur Ulang

 

 

 

Recycle-Daur-Ulang

Simbol/gambar ini memiliki makna bahwa kertas pada kemasan karton yang dipakai terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang.

9.No Stack/ Barang tidak boleh ditumpuk

 

 

 

Do Not Stack – Jangan Ditumpuk

Simbol ini berarti barang di dalam kardus/box tidak boleh ditumpuk

10.Stacking weight limitation/ jumlah berat maksimal yang boleh ditumpuk

 

 

 

Stacking weight limitation

Simbol ini mempunyai arti berat maksimal yang diperbolehkan untuk ditumpuk diatas kemasan pada bagian bawah.

11.Avoid From Strong Smell/​​ Hindari dan Jauhkan barang dari​​ benda yang berbau tajam.

Avoid From Strong Smell

Avoid From Strong Smell

Maksud dari simbol ini adalah agar benda yang berada di dalam karton box dijauhkan dari benda-benda yang memiliki aroma yang tajam seperti detergen, bensin,sabun, atau benda lainnya. Logo ini sering ditemukan pada kardus/box makanan.

12.Radioactive/Radioaktif

Simbol-Explosive-Mudah-meledak

Simbol-Radioaktif-Mudah-meledak

Simbol ini memiliki makna bahwa barang yang terdapat di dalam kemasan box merupakan bahan/barang/material yang mampu memancarkan sinar radiasi baik itu  partikel​​ partikel Alpa maupun partikel beta dengan sinar gamma,elektron, dan neotrino. Inti yang tidak stabil pada Material-material ini dianggap radioaktif.

 

 

 

 

 

13.Temperature Limitation

Temperature-limitations-Limit Suhu

Temperature limitations-Limit Suhu

Simbol ini memiliki makna yaitu benda yang​​ berada di dalam box harus disimpan pada tempat yang memiliki suhu sesuai ketentuan yang diperlukan . Biasanya dalam simbol ini terdapat tulisan Celcius, fahrenheit yang menunjukan pada suhu berada yang diperkenankan atau limit bawah dan limit atas. Jika tidak ada keterangan yang tercantum maka seorang petugas seharusnya melihat nota kiriman/tagihan untuk melihat pada suhu atau limit berapa barang tersebut diperbolehkan.

14.Do Not Dispose/Barang tidak boleh dibuang langsung ke tempat sampah

Do-Not-Dispose-Jangan-Dibuang

Makna dari simbol ini adalah barang di dalam kemasan biasanya mengandung kimia yang berbahaya contohnya adalah battery atau lainnya. Untuk itu kita dilarang membuang barang tersebut ditempat sampah umum.

15.Keep Tidy/Jagalah kebersihan

Keep Tidy/Jagalah kebersihan

Simbol ini dimaksudkan untuk mengingatkan kita agar selalu menjaga kebersihan. Sisa-sisa sampah pada kemasan dibuang pada tempat pembuangan sampah pada umumnya.

16.Center of Gravity/ Pusat Gravitasi

Pusat Gravitasi

Simbol ini​​ memiliki makna untuk menandai pusat gravitasi pada kotak kemasan . simbol ini sering digunakan untuk barang besar dan berat seperti kayu. Dimaksudkan agar petugas yang mengangkat barang dapat mengetahui dan memperkirakan posisi pengangkatan agar seimbang.

17.Do not use forklift here.

Dont-Use-Forklift-Here

Simbol ini memiliki makna bahwa jangan menggunakan Forklift di daerah/bagian yang memiliki tanda ini. Dan penggunaan forklift baru diperbolehkan pada sisi sebelah kemasan .

18.Avoid Sun​​ Beam/Jauhkan dari Sinar Matahari

Avoid-From-Sun-Beam-Jauhkan-dari-Sinar-Matahari

 

Jauhkan-dari-Sinar-Matahari

Simbol ini dimaksudkan agar dihindarkan dari sengat/sinar matahari yang panas dan selain itu simbol ini juga dimaksudkan agar barang dihindarkan pada sumber panas lainnya . Simbol ini biasanya​​ sering dipakai untuk kemasan barang yang mudah leleh karena panas seperti coklat dan mentega.

19.Contain Poison/ Mengandung racun

Contain-Poison

Simbol ini memiliki makna bahwa barang yang tersimpan di dalam kemasan karton memiliki unsur racun yang berbahaya . Contohnya obat nyamuk, bahan kimia.

20.European Standard

European Standard

European Standard

Simbol ini memiliki arti bahwa barang yang terdapat di dalam karton sudah terbukti atau lulus uji dan memenuhi standard keamanan Negara. Dalam kasus ini Negara Eropa.

21.Use no hooks/Jangan digancu atau dikait

Jangan-Pakai-Gancu

Simbol ini memiliki arti jangan memakai gancu atau kait untuk mengangkat/membuka kemasan. Hal ini dimaksudkan agar kemasan tidak rusak atau lubang.

22.Flammable/Mudah Terbakar

Flammable-Mudah-Terbakar

Simbol ini memiliki arti bahwa barang di dalam kemasan merupakan barang yang mudah terbakar.

23.Environmentally hazardous product/Produk berbahaya bagi lingkungan

Environmental-Pollution

Simbol ini mempunyai arti bahwa produk dalam kemasan berbahaya bagi lingkungan.

24.Explosive/Mudah Meledak

Explosive/Mudah Meledak

Simbol ini menggambarkan produk yang berada di dalam kemasan bersifat mudah meledak.

 

25.Corrosive/Korosi

Corrosive

Simbol ini mempunyai arti barang/produk yang dikemas (biasanya bahan kimia),mempunyai efek yang membuat korosi/merusak struktur suatu objek baik itu objek mati seperti besi maupun makhluk hidup .

26.Halal

Halal – Majelis Ulama Indonesia

Simbol ini mempunyai arti bahwa produk di dalam​​ kemasan adalah produk yang halal atau produk tidak mengandung babi.

27.SNI

SNI

SNI

SNI adalah Standard Nasional Indonesia jadi simbol ini mempunyai arti bahwa produk terkait telah memenuhi Standard Nasional Indonesia.

 

28.No Cutter/Jangan gunakan Cutter.

No Cutter

Simbol ini memberi petunjuk agar tidak membuka kemasan kardus dengan menggunakan cutter.

29.Open by Pulling/ Buka dengan cara ditarik

Open by Pulling

Open by Pulling

Simbol ini mempunyai arti atau pesan untuk membuka kemasan dengan cara menariknya.

30.Only Use Trolley/Hanya gunakan kereta dorong(troli)

Only Use Trolley

Only Use Trolley

Simbol ini memberi pesan agar mengangkut kemasan menggunakan kereta dorong , hal ini disebabkan produk di dalam kemasan membutuhkan perhatian yang lebih, transportasi yang halus​​ serta transisi yang mulus, serta diangkut dalam jumlah banyak agar cepat.

 

 

31.Only No Suck Truck /Jangan gunakan troli

Use No Trolley

Use No Trolley

Simbol ini kebalikan dari simbol “Use Only Trolley”yang berarti jangan gunakan trolley karena barang yang diangkut​​ adalah barang yang sangat rawan rusak seperti pecah belah jadi diperlukan pengangkutan yang lebih aman.

32.Frozen Product/Produk Beku

Frozen Product

Frozen Product

Simbol ini mempunyai arti bahwa produk yang dikemas merupakan produk beku.

33.Biological Hazard

Biological Hazard

Biological Hazard

Simbol ini mempunyai arti bahwa produk yang dikemas mengandung/berupa zat biologis yang dapat mengancam organisme hidup terutama manusia. Produk bisa berupa​​ mikroorganisme, virus, atau toksin​​ yang dapat mempengaruhi secara langsung kesehatan manusia.

 

 

34. High Voltage/Tegangan Tinggi

High Voltage

High Voltage

Simbol ini merupakan tanda yang secara universal diakui sebagai peringatan terhadap resiko sengatan listrik. Jika tanda ini berada di kemasan berarti produk yang dikemas memiliki resiko sengatan​​ listrik.

35.Box Manufacturer Certificate/Sertifikat Pembuat Kotak.

Sertifikat Pembuat Kotak

Simbol ini berupa​​ Sertifikat Pembuat Kotak​​ atau di dunia Internasional disebut​​ Box Manufacturer’s Certificate (BMC)​​ biasanya pada bagian bawah kotak kemasan​​ kardus/karton box. Fungsi utama dari simbol ini adalah untuk memberitahu pihak pengiriman/ekpedisi bahwa kotak kemasan telah memenuhi persyaratan tertentu. Simbol ini berisi tentang pembuat kotak kemasan, spesifikasi tentang kotak kemasan dan berfungsi sebagai tanda kepatuhan. Simbol sertifikat ini juga menyebutkan seberapa besar tekanan yang bisa ditanggung sebuah kotak, berdasarkan jumlah bahan yang digunakan.