Kilas Balik Comprehensive Economic Partnership (RCEP)

Comprehensive Economic Partnership

Comprehensive Economic Partnership (RCEP) siap ditandatangani pada November 2020.

RCEP

Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership / RCEP) adalah rencana perjanjian perdagangan bebas yang melibatkan sepuluh negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam) dan lima negara mitranya (Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru). Pada November 2019, India, negara mitra keenam, memutuskan keluar meski Tiongkok pun menyatakan India masih bisa bergabung kembali.

Perundingan RCEP dimulai pada November 2012 dalam KTT ASEAN di Kamboja. Pada tahun 2017, keenam belas negara ini memiliki populasi 3,4 miliar jiwa dengan total produk domestik bruto (PDB, PPP) $49,5 triliun, sekitar 39% PDB dunia.

RCEP akan membawa banyak manfaat untuk perdagangan Indonesia, terutama untuk memperluas akses pasar di kawasan RCEP, Mendorong tumbuhnya industri dan meningkatkan Investasi di indonesia.

manfaat rcep

Setidaknya ada tiga isu penting dalam perundingan RCEP, yaitu perdagangan barang, perdagangan jasa, dan investasi. perundingan ini menjadi sangat penting karena dapat menjadi penyeimbang proteksi dagang sejumlah negara.

Selain manfaat yang diberikan Menurut Shinta Widjaja Wakil ketua kadin, (dikutip dari bisnis tempo) Yang patut kita waspadai adalah Indonesia akan punya risiko peningkatan impor yang tinggi pasca RCEP apabila pemerintah tidak cepat-cepat melakukan perbaikan iklim usaha dan iklim investasi nasional agar lebih berdaya saing Kalau tidak, kita justru akan kehilangan peluang investasi dan peluang ekspor karena hampir seluruh negara ASEAN adalah kompetitor kita untuk ekspor dan investasi. Jadi, persaingan dagang dan investasi akan semakin ketat.

indikator makro ekonomi

Terima kasih kepada seluruh tim perunding Indonesia yang sudah bekerja sejak putaran pertama RCEP. Mari kita sambut dengan optimis terselenggaranya Free Trade Agreement terbesar di dunia ini.

intrafa.com

Read Previous

Mengenal Makna IKIGAI Sesungguhnya

Read Next

Mengenal Simbol Pada Barang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *