SI BLUE INOVASI PENGGANTI KIR

WhatsApp Image 2020 09 06 at 00.41.09 1
Menjawab tantangan dunia 4.0 kemenrtrian perhubungan mengeluarkan aplikasi baru Si Blue inovasi kementrian perhubungan tersebut untuk memberikan kemudahan layanan perizinan melalui pemanfaatan teknologi digital. adanya layanan BLUe (Bukti Lulus Uji Elektronik) tersebut difungsikan untuk menggantikan buku uji kendaraan atau yang biasa disebut KIR.
BLUe terdiri dari dua sertifikat tanda lulus uji, dua stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan dan satu smart card dengan teknologi Near Field Communication (NFC).
Kini kartu uji yang dikenal umum sebagai buku uji diganti menjadi kartu pintar, sedangkan tanda uji yang semula ditempel pada badan kendaraan diganti dengan stiker barcode yang ditempel pada kaca depan kendaraan. Data seperti identitas kendaraan, foto fisik kendaraan dari empat sisi, hingga data hasil pengujian berkala disimpan dalam format digital. Data-data tersebut dapat diakses dengan memindai QR Code pada stiker hologram. Bisa juga dengan menempelkan smart card ke smartphone yang sudah memiliki fitur NFC.
Sumber : Kementrian Perhubungan